matinya kepakaran

Seberapa pentingkah vaksinasi? Benarkah Bumi itu datar? Apakah telur baik untuk dikonsumsi? Pada era informasi seperti sekarang, yang menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu bukan hanya pakar, melainkan juga para penganut teori konspirasi, orang awam sok tahu, hingga pesohor yang menyesatkan. Kadang, dalam rimba informasi masa kini, penjelasan pakar tidak didengar, sementara jawaban dari tokoh yang mempunyai banyak pengikut justru lebih dipercaya dan membahayakan banyak orang.

Tom Nichols memotret dengan baik reaitas tersebut. Menggunakan istilah “matinya kepakaran”, professor U.S. Naval War College dan Harvard Extension School itu menunjukkan bagaimana pendapat yang salah bisa dianggap sebagai kebenaran. Parahnya, pihak-pihak yang seharusnya memberikan pencerahan, seperti perguruan tinggi, media, hingga kalangan pakar itu sendiri, kadang justru memiliki andil dalam membunuh kepakaran.

Matinya kepakaran adalah pesan agar semua orang mencari dan memperoleh informasi dari sumber yang tepat. Demi kebaikan dirinya sendiri dan orang lain. Pesan tersebut penting bukan hanya untuk kegiatan sehari-hari, melainkan juga untuk menentukan arah suatu negeri. Saat pakar dimusuhi dan anti-intelektualisme kian marak, jalan menuju kekuasaan yang korup terbuka lebar, dan nasib demokrasi pun terancam.

Ketebalan: 312 halaman
ISBN: 9786024810733
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
Berat: 0.610 kg